Terminal Peti Kemas Kariangau Siap Beroperasi Juli

HHLA_02_large

MAKASSAR—Terminal Peti kemas Kariangau di Balikpapan, Kalimantan Timur, siap dan akan beroperasi pada akhir Juli mendatang guna meningkatkan produktivitas arus peti kemas di provinsi tersebut.

Komisaris Utama PT Pelabuhan Indonesia IV (Pelindo IV) Zulkarnain Oeyoeb mengatakan terminal hasil kerja sama perseroan dengan Pemprov Kaltim itu diharapkan dapat menunjang pertumbuhan ekonomi kawasan tersebut.

“Sudah siap operasi, tinggal mencocokan waktu presiden untuk meresmikan, kalau tidak Juli, yah Agustus, diharapkap Juli-lah menyesuaikan jadwal, tapi sebetulnya sudah siap,” ujarnya dalam kunjungannya ke Kantor Pusat Pelindo IV di Makassar, Senin (25/6).

Zulkarnain yang juga menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Regulasi ini mengungkapkan hasil kerja sama tersebut diwujudkan dalam bentuk anak usaha yakni PT Kaltim Kariangau Terminal dengan besaran saham sesuai dengan besaran investasi.

Pada awalnya pengoperasian Terminal Petikemas (TPK) Kariangau ditargetkan pada Juni ini tetapi belum bisa terealisasi sejak dibangun pada 2008.

Proyek ini menelan anggaran sekitar Rp713 miliar di antaranya sebesar Rp140 miliar untuk pengerjaan reklamasi menggunakan dana anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), Rp140 miliar untuk pengerjaan sisi darat menggunakan APBD Kaltim, dan Rp427 miliar untuk pengerjaan sisi laut yang dananya berasal dari Pelindo IV.

Pelabuhan ini juga diproyeksikan menjadi terminal batu bara yang melayani sekitar kawasan tengah dan selatan Kaltim, seperti Paser, Panajam Paser Utara (PPU), Kutai Kartanegara (Kukar), dan Kutai Barat (Kubar). (arh)