0852 488 98504 / 0811 5377 087
callcenter@kariangauterminal.co.id

CLOUD COMPUTING DALAM KEHIDUPAN SEHARI – HARI

cloud_img

JAKARTA, Komputer sudah menjadi bagian dari kehidupan orang banyak saat ini. Komputer kita gunakan untuk membuat pekerjaan di kantor, tugas – tugas di kampus, dan hal – hal lainnya agar lebih mudah. Akan tetapi saat ini, kebutuhan dari penggunaan komputer sudah sangat berkembang dibandingkan tahun – tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan dari meningkatnya jumlah data yang harus diolah oleh komputer saat ini.

Perkembangan dari penggunaan komputer saat ini tidak berhenti pada titik itu saja. Saat ini, kita dituntut untuk bisa beraktivitas dari mana saja dan kapan saja. Karena tuntutan itulah, muncul teknologi yang dinamakan dengan Cloud Computing. Cloud Computing adalah sesuatu teknologi komputasi yang berfokus pada pemanfaatan kemampuan internet dalam melalukan tugas komputer pada umumnya.

Dengan pemanfaatan internet sebagai motor dari teknologi Cloud Computing ini, kita bisa memanfaatkannya sebagai peluang bisnis baru dimasa depan.Cloud Computing membuka kesempatan para penggunanya dalam menggunakan komputer ke arah yang lebih terbuka dan terintegrasi satu sama lain. Ada tiga layanan yang paling umum yang dapat dibuka sebagai peluang bisnis baru dengan menggunakan layanan Cloud Computing ini.

Pertama adalah penggunaan Cloud Computing sebagai suatu bisnis tentang infrastruktur teknologi informasi. Contoh dari penggunaan peluang bisnis ini adalah dengan layanan penyimpanan data secara online. Meskipun saat ini sudah banyak layanan seperti ini di luar sana, peluang yang dapat kita kembangkan dari layanan ini masih terbuka lebar. Kemudahan berbagi data, berkolaborasi pada suatu data, dan pemakaian data adalah contoh – contoh peluang bisnis yang masih dapat digunakan untuk pengembangan bisnis Cloud Computing ini.

Peluang kedua yang dapat dikembangkan dari bisnis Cloud Computing ini adalah penggunaan internet untuk menggantikan sistem operasi komputer yang sering kitagunakan saat ini.Peluang ini sebenarnya masih cukup terbentang luas untuk wilayah Indonesia dan masih belum ada pihak yang terjun ke sana. Dengan menggantikan sistem operasi komputer yang ada saat ini dengan sistem operasi menggunakan internet, biaya perangkat keras yang digunakan akan menjadi jauh lebih murah. Bisnis ini juga bisa membantu dunia pendidikan di lain pihak. Dunia pendidikan saat ini membutuhkan biaya yang sangat besar, akan tetapi kita tidak bisa melupakan bahwa generasi muda tetap harus diberikan pendidikan yang layak.Cloud Computing bisa menjadi solusi akan hal ini karena Cloud Computing tidak membutuhkan perangkat keras yang memiliki kemampuan tinggi seperti pada komputer pada umumnya.

Peluang lainnya yang dapat dimanfaatkan adalah mengenai penggunaan aplikasi melalui Cloud Computing. Saat ini, khususnya pada dunia korporasi, aplikasi korporasi memiliki harga yang sangat mahal. Walaupun begitu, aplikasi – aplikasi tersebut tetap dibutuhkan perusahaan – perusahaan untuk menjalankan proses bisnisnya.Cloud Computingmampu menjawab hal ini dengan menjalankan setiap aplikasi seperti sebuah layanan. Dengan kata lain, perusahaan hanya akan membayar biaya penggunaan aplikasi sebagaimana aplikasi tersebut digunakan.

Masih banyak penggunaan Cloud Computing lainnya yang dapat dikembangkan untuk menjadi sebuah bisnis. Tiga layanan yang disebutkan sebelumnya adalah contoh – contoh prospek bisnis yang dapat dikembangkan melalui layanan Cloud Computing. Cloud Computing sendiri masih akan terus berkembang ke depannya dalam hal keamanan data, kecepatan penggunaan dan tingkat reliabilitasnya.

Sumber : http://majalahinovasi.com


Post terkait